Asem-Asem Mbak Hartini Bojonegoro, Kecut Pedas Empuk

asem asem bojonegoro

Menu asem-asem bisa menjadi pilihan bagi penikmat kuliner yang kebetulan singgah atau melintas di Jalan Raya Bojonegoro-Cepu. Dua porsi asem-asem daging sapi dan sepiring gorengan. Tampak daun kedondong di dalam mangkuk (Foto:  SAJISEDAP.com)

SAJISEDAP.COM-Bojonegoro - Wilayah Bojonegoro, Jawa Timur dengan hawa panas sangat cocok untuk menikmati masakan dengan rasa asam dan sedikit pedas.

Menu asem-asem bisa menjadi pilihan bagi penikmat kuliner yang kebetulan singgah atau melintas di Jalan Raya Bojonegoro-Cepu.

SajiSedap merekomendasikan warung makan Asem-asem Mbak Hartini. Lokasi warungnya di tepi jalan raya Dusun Clangap Desa Sumengko Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro. Warung buka mulai pukul 08.00 WIB.

Asem-asem adalah masakan berkuah bening berisi daging sapi atau balungan sapi. Disebut asem-asem  karena memang rasanya dominan asam menyegarkan dan sedkit pedas.

Di warung yang berdiri lebih dari 15 tahun ini, rasa asam nan sedap diperoleh dari perpaduan bumbu yang mengeluarkan rasa asam. Diantaranya adalah asam Jawa, tomat, belimbing wuluh, dan yang khas adalah pucuk daun kedondong.

Sedangkan rasa pedas didapat dari cabe rawit atau cabe keriting.

Di warung yang tampak sederhana ini, daging sapinya empuk. Tak perlu mengunyah terlalu lama, dagingnya serasa hancur di dalam mulut dalam beberapa kali kunyahan.
 
Sedangkan kuahnya terasa segar ketika diseruput perlahan. Kuah rasa asam pedas ini langsung memicu keringat ketika dua kali menyeruputnya.

Biasanya asem-asem disajikan ditemani sepiring nasi putih. Penjualnya juga menyertakan sepiring gorengan berisi antara lain ote-ote dan tenpe goreng.

Untuk satu porsi asem-asem, dijual dengan harga rata-rata Rp 25 ribu pada Agustus 2023.

Pelanggan warung asem-asem ini dari berbagai daerah. Baik warga setempat maupun yang dalam perjalanan. Yang jelas, karyawan rekanan maupun pegawai Exxon Mobile Blok Cepu banyak yang makan siang di warung ini. Sedap.... (#)

Hana