Cicipi Ayam Bakar Mak Gogok saat Melintas Cepu-Blora

ayam bakar mak gogok blora

Ayam bakar Mak Gogok menjadi kuliner yang wajib dicoba bila berkunjung atau melintas di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.  Lokasinya di Desa Genjahan RT 4 RW 1, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Letaknya bukan di jalan raya Blora-Cepu, melainkan masuk ke dalam kampung. (Foto: SAJISEDAP.com)

SAJISEDAP.COM-Blora - Ayam bakar Mak Gogok menjadi kuliner yang wajib dicoba bila berkunjung atau melintas di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.  

Lokasinya di Desa Genjahan RT 4 RW 1, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Letaknya bukan di jalan raya Blora-Cepu, melainkan masuk ke dalam kampung.

Ayam bakar Mak Gogok terasa sedap karena bahan dan cara memasak yang tergolong khas.

Satu porsi lengkap ayam bakar Mak Gogok terdiri dari satu ekor ayam bakar -termasuk kepala dan ceker- serta sambal terasi dan nasi.

Lalu menu pelengkap adalah lalapan rebus pucuk daun ubi, lalapan mentah (kubis, kemangi, ketimun), sayur bening dan sayur urap.

Sebagai tambahannya, ketika menunggu proses ayam bakar, pengelola menyajikan mendoan (tempe tipis yang digoreng tepung).

Selain empuk dan gurih, kematangan ayam Bakar Mak Gogok pas, tidak terlalu basah dan terlalu kering. Dagingnya juga kesat.

Bumbu kacang dalam ayam bakarnya juga terasa sedap. Bumbu itu menempel pada kulit ayam. Bumbu itu secara umum tidak gosong, hanya sedikit hitam khas dibakar.

Satu porsi ayam bakar Mak Gogok cukup untuk dimakan empat orang. Harga porsi lengkap pada semester 1 2023 lebih kurang Rp 175 ribu.

Warung Mak Gogok milik Yahman Sasmito dan Sarti, istrinya. Mereka merintis warung ayam bakar semenjak 1996.

Nama Mak Gogok diambil dari julukan anak sulung Yahman bernama Gemi. Buyutnya dulu sering menjuluki Gemi dengan istilah Gogok Gemi Walang Thiti.

Resep Warisan Nenek

Adalah Mbah Kandar, nenek dari Yahman yang mewariskan resep ayam bakar Mak Gogok. Dahulu, istri Yahman sering membantu Mbah Kandar memasak ayam bakar untuk menjamu pegawai Perhutani.

Setelah waktu berlalu, Yahman dan istrinya berinisiatif membuka warung ayam bakar di kampungnya berbekal resep Mbah Kandar.

Cara Memasak Ayam Bakar Mak Gogok 

  1. Selalu menggunakan ayam kampung. Setelah dibersihkan, Yahman membakar ayam tanpa bumbu di atas tungku hingga setengah matang.
  2. Merebus ayam dalam larutan bumbu pertama selama 30 menit. Perebusan agar bumbu pertama ini meresap ke dalam daging.
  3. Ayam lalu dipindah dan direbus di larutan bumbu kedua selama dua jam agar daging empuk.
  4. Setelah empuk, Yahman kembali membakar ayam di atas tungku. Di pembakaran kedua ini, Yahman sesekali melumurinya dengan bumbu kacang.
    Bumbu ketiga ini terdiri dari: kunyit, bawang merah, bawang putih, kencur, asam jawa, ketumbar, jinten, kemiri dan kacang. Semuanya dihaluskan lalu dicampur santan kental.
  5. Pembakaran kedua ini diupayakan tidak terlalu basah dan tidak teralu kering. Sebab bila terlalu basah, ayam kurang kesat. Bila terlalu kering, bumbu kacang akan gosong.

Pengunjung yang hendak menikmati ayam bakar Mak Gogok sebaiknya memesan lebih dahulu lewat telepon beberapa jam sebelumnya atau sehari sebelumnya.

Pemesanan di awal itu agar pengunjung tidak menunggu lama ketika datang ke warung. Selain itu, pemesanan terlebih dahulu menghindari kehabisan menu. (#)

Naya